lembur menang mahjong perpustakaan mahasiswa s3 mahjong jalan tak terduga mantan ojol jackpot mahjong warung 24 jam mahasiswa it tajir menang mahjong menang mahjong bangun pesantren ibu rumah tangga menang mahjong catering petani sumedang menang mahjong juragan traktor mahasiswa menang mahjong lunasi utang guru menang mahjong klinik gratis main mahjong warnet sekolah anak jalanan main mahjong juragan toko kelontong drop out menang mahjong biayai yatim gagal cpns menang mahjong kafe literasi gadis pulsa menang mahjong minimarket bapak 3 anak menang mahjong bebas utang main mahjong hutan rejeki miliaran pemuda desa mahjong ambulans gratis guru honorer mahjong pondok tahfidz mahasiswa magang mahjong studio kreatif karyawan kontrak menang mahjong bos laundry menang mahjong umrahkan orang tua tentara menang mahjong warung gratis ngamen buka rental mobil mahjong mahasiswi mahjong bangun kos kosan tukang bangunan mahjong developer drop out mahjong perpustakaan digital remaja desa mahjong ubah hidup buruh mahjong supplier sembako ibu muda mahjong toko bayi main mahjong antrian bpjs klinik warung kopi menang mahjong toko grosir gagal cpns mahjong kursus gratis pemuda rebahan mahjong pengusaha kos jaga istri mahjong hidup berubah gadis desa mahjong klinik gratis mahasiswa terlantar menang mahjong pemuda mahjong ruang baca anak ditinggal tunangan mahjong motivator ibu rumah tangga mahjong buka dapur mahjong ngasuh anak menang jutaan hp pinjam kuota menang mahjong usaha online gagal mahjong edukasi petani mahjong sawah bangun mushola pensiunan mahjong makanan lansia ibu menangis mahjong toko sembako remaja drop out mahjong kursus digital jual cilok mahjong food truck keluar kemiskinan berkat mahjong narapidana mahjong rumah singgah mahjong warnet bayar skripsi pemalas mahjong renovasi masjid mahjong puskesmas apotek mini mahasiswa dipecat kos punya mobil remaja tulang punggung mahjong warung ayah mahjong perpustakaan anak gagal nikah mahjong pembicara finansial ibu nikah muda mahjong pilar ekonomi tukang jatuh mahjong ubah hidup ditolak mertua mahjong usaha katering ojek online mahjong startup logistik

Strategi Pengembangan Produk– Definisi, Jenis dan Contoh

contoh strategi pengembangan produk

Strategi pengembangan produk atau product development strategy dalam bahasa Inggris merupakan salah satu bagian dari strategi perusahaan dan fokusnya pada pengembangan produk baru. Strategi ini menguraikan tujuan dan pendanaan untuk produk baru saya akan juga menjelaskan tentang contoh strategi pengembangan produk di bawah ini.

Namun, tujuan dari strategi pengembangan produk adalah untuk menawarkan produk baru dengan sebaik mungkin untuk mencapai keunggulan kompetitif dalam hal keuntungan, pendapatan, atau pertumbuhan penjualan.

Strategi Pengembangan Produk

Setiap perusahaan dengan berbeda industri mengikuti strategi pengembangan masing-masing industri, beberapa bekerja pada inovasi, dan yang lain fokus pada mengadaptasi pengembangan produk saat ini.

Apapun strategi yang mereka ikuti, itu harus jelas. Saat meluncurkan produk baru di pasar, beberapa strategi pengembangan produk utama yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut;

1. Meningkatkan Produk yang Ada 

Sesuai dengan namanya, Anda membuat produk baru dengan memodifikasi produk yang sudah ada dan memotivasi target pasar Anda untuk membeli penawaran yang ditingkatkan.

Ini berfokus pada penambahan pembaruan dan fitur yang memengaruhi pasar pelanggan sasaran. Yang terpenting, Anda mencari fitur-fitur yang diinginkan pelanggan dalam produk yang diperbarui.

2. Memperkuat Nilai Produk 

Alasan pelanggan membeli produk adalah karena nilai yang mereka terima dan produk yang ditawarkan. Perusahaan dapat memperkuat nilai produk dengan menawarkan fitur premium, dukungan pelanggan, dan meningkatkan kuantitas produk.

Fitur nilai tambahan akan menarik pelanggan baru, dan pelanggan yang sudah ada ingin mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.

3. Percobaan / Trial

Menawarkan sampel produk gratis akan membantu Anda membujuk pelanggan untuk membeli produk Anda. Di sini pelanggan sasaran ingin memeriksa kualitas produk, dan sampel gratis akan meyakinkan mereka untuk membeli produk versi premium dan berbayar.

Penawaran uji coba gratis menunjukkan kepada pelanggan apa yang akan mereka terima dari produk.

Manfaat dan Risiko Strategi Pengembangan Produk

Beberapa manfaat utama dari strategi pengembangan produk adalah sebagai berikut;

1. Menemukan Risiko 

Strategi pengembangan produk memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan menemukan risiko pada tahap penilaian komersial dan juga meminta umpan balik dari pelanggan pada tahap prototipe.

2. Menurunkan Biaya 

Pengurangan biaya memberikan perusahaan sejumlah manfaat untuk mengambil keuntungan. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan mendesain ulang produk atau proses manufaktur, mengurangi fitur, atau mengubah material.

3. Reputasi Berkualitas

Jika Anda meluncurkan strategi pengembangan produk untuk meningkatkan kualitas produk yang ada dan terus meluncurkan versi produk yang lebih baik. Itu tidak hanya akan meningkatkan penjualan tetapi juga mengirim persepsi positif tentang perusahaan di pasar.

Contoh Strategi Pengembangan Produk

Beberapa contoh utama strategi pengembangan produk adalah sebagai berikut;

Strategi Pengembangan Produk Google

Google selalu mengikuti strategi pengembangan produk dengan meluncurkan layanan dan gadget baru selama bertahun-tahun. Beberapa dari mereka menjadi sukses dan yang lain gagal.

  • Google telah mengembangkan budaya cerdas yang mempromosikan inovasi dan orang-orang bekerja tanpa jabatan apa pun.
  • Setiap kali Google meluncurkan layanan, ia meminta umpan balik pelanggan daripada berfokus pada peningkatan laba.
  • Google secara bersamaan mengerjakan berbagai proyek, dan setiap 2 dari 5 proyek menjadi sukses.

Strategi Pengembangan Produk Microsoft

Microsoft adalah salah satu dari 5 perusahaan teknologi teratas dan perusahaan menjalankan bisnisnya dengan tenang tanpa menjadi berita utama. Microsoft bekerja di tiga bidang utama;

  • Komputasi Pribadi
  • Awan Intelijen (Intelegence Cloud)
  • Proses Bisnis & Produktivitas

Microsoft mengikuti langkah-langkah ini;

  • Komersialisasi
  • Manufaktur
  • Analisa bisnis
  • Strategi Pengembangan Pemasaran
  • Pengujian & Pengembangan Konsep
  • Ide Penyaringan

Microsoft mengetahui fakta bahwa strateginya tidak akan selalu berhasil. Misalnya, perusahaan menginvestasikan banyak sumber daya di Microsoft Mixer Services, tetapi perusahaan tidak dapat mengikuti Twitch.